Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Materi Tarbiyah Shifatur Rasul | Download Powerpoint

Written By i_Tb on Rabu | 16.25

Materi tarbiyah ini didedikasikan hanya untuk para murabbi. Dalam bentuk powerpoint, materi ini siap pakai untuk mengisi halaqah. Meminjam istilah Muhammad Rasyidi dalam Buku Menjadi Murabbi Itu Mudah, materi ini sangat cocok untuk dipakai para murabbi yang menggunakan gaya multimedia.

Password Khusus untuk Murabbi
Karena materi ini didesain untuk digunakan para murabbi, kami mohon maaf jika semua slide berbahasa Arab dan tidak ada penjelasan detail bagaimana mengkorelasikan rasmul bayan dengan dalil yang ada pada setiap slide. Insya Allah semua murabbi yang mengakses materi ini mampu menterjemahkan dan menjelaskannya sendiri kepada para mutarabbi dengan baik.

Cara Menggunakan Materi Ini
Materi ini disediakan dalam dua format. Yang pertama adalah powerpoint yang bisa didownload gratis pada link di bawah (recomended). Ia terdiri dari 12 slide. Slide pertama adalah judul materi. Slide kedua adalah rasmul bayan. Dari rasmul bayan ini, murabbi bisa mengklik tiap frase untuk masuk pada slide penjelasan. Di setiap slide penjelasan ada ikon "ke rasmul bayan" ketika itu diklik maka kita akan dibawa kembali ke slide rasmul bayan. Begitu seterusnya. Insya Allah dengan dicoba sendiri akan lebih mudah dipahami.

Yang kedua, materi ini disediakan dalam bentuk jpeg per slide sebagaimana gambar-gambar di bawah. Tujuan utama format jpeg ini sebenarnya adalah sebagai preview bagaimana isi materi. Kami khawatir jika tidak ada preview ini ada yang kecewa karena setelah lama mendownload (kapasitasnya 6 MB) ternyata tidak sesuai dengan yang dibayangkan. Tentu saja format jpeg ini lebih mudah dicopy (mohon maaf jika terganggu dengan iklan otomatis pada bagian bawah gambar, tidak perlu diklik karena itu iklan). Namun demikian, tentu kelemahan jpeg ini adalah rasmul bayannya tidak bisa dijalankan per klik dan me-link ke slide penjelasan. Berbeda dengan format pertama (powerpoint) yang telah dianimasikan.

Kelebihan dan Kekurangan Materi Powerpoint Ini
Materi powerpoint semacam ini meskipun semua dalilnya ditulis dalam bahasa Arab, demikian pula rasmul bayannya, namun ia bisa dibuka di semua komputer yang kompatibel dengan powerpoint 2003. Sebab materi ini telah dibuat sedemikian rupa hingga tidak perlu install font Arab maupun Windows Arabic. Tentu saja ada sisi lemahnya yaitu pada pembengkakan kapasitas. Jika dalam powerpoint yang simple materi 12 slide hanya berkapasitas < 1 MB, materi dengan format ini menjadi sekitar 6 MB.

Preview
Berikut preview slide powerpoint materi Shifatur Rasul ini:












Download Powerpoint
Untuk mendownload materi ini dalam format powerpoint silahkan KLIK DI SINI

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar